FAKFAK – Bupati Fakfak Drs Mohamad Uswanas,M.Si, Ketua DPRD, Wakil Bupati, dan Sekda serta kepala Bappeda melakukan kunjungan kerja di distrik karas, dan distrik Fakfak Timur, Rabu (22/11).

Dari kunjungan tersebut sempat melaksanakan kegiatan panen perdana cabai di kampung Kiaba Distrik Karas, Kabupaten Fakfak. Hasil panen tersebut atas kerjasama kelompok tani Kiaba Maju di Kampung Kiaba.

Bupati seblumnya meresmikan lokasi 2 hektar yang ditetapkan sebagai lahan produksi pertanian khusus tanaman cabai sekaligus menetapkan Kampung Kiaba sebagai lumbung pertanian cabai.

Bupati Fakfak Drs Mohamad Uswanas,M.Si, dalam sambutan mengatakan, kedepan hasil-hasil pertanian seperti sayur mayur tidak lagi didatangkan dari daerah luar tetapi semuanya disiapkan dari lokal Fakfak. Pemerintah siapkan konsep pembangunan dan alat bantu, sedangkan masyarakatlah yang menjadi tulang punggung pertanian dan perkebunan.

“Jangan lagi segala sayur dari manado, di Fakfak masih banyak tanah yang cocok untuk diolah dan menanam sayur kok,” kata bupati.

Dari 2 Hektare yang terlihat padat dengan tanaman cabe rawit dengan hasil panen mencapai 500 Kg dengan nilai total dana sebesar Rp 7.500.000 itu bupati memerintahkan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Fakfak untuk tahun anggaran 2018 ditambahkan 1 Hektare. “Kita jangan kalah dengan daerah lain, fakfak ini memiliki tata letak wilayah yang unik sehingga kita sendiri yang tahu dan harus lebih maju dengan daerah-daerah lain disegala bidang,”tutur bupati.

Sementara kepala dinas pertanian dan peternakan kabupaten fakfak melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Mohamad Ngabalin, S.Sos menjelaskan Kelompok Tani Kiaba Maju mengawali penanaman cabe rawit dengan modal beberpa bibit saja, setelah dilakukan identifikasi oleh dinas terkait maka telah ada bukti dan layak kampung kiaba mendapat bantuan alat pertanian karena memiliki luas lahan sebanyak 2 hekater yang telah disiapkan “Lahan sudah siap, pembibitan sudah mereka lakukan maka dinas pertanian pastikan untuk turunkan alat bantu,”Jelasnya (ret)